Wednesday, November 25, 2015

BLACK SAPOTE ( SAWO HITAM )

Apakah Anda pecinta cokelat? Jika ya, maka Anda wajib untuk mencoba sensasi cokelat yang terdapat pada buah ini. Sedikit aneh memang mendengar ada buah yang memiliki rasa cokelat di dalamnya. Buah ini bernama Black Sapote atau sapote hitam. Sedangkan, nama latinnya adalah Diospyros digyna. Buah ini memiliki kulit hijau di luarnya. Namun, jika Anda membelah buah ini, akan terlihat daging buah yang berwarna cokelat. Buah ini sering disebut sebagai puding cokelat. Lantaran, cita rasa buah ini mirip dengan puding atau agar-agar cokelat. Yummy!.
Beberapa orang mengatakan, buah ini masih memiliki kerabat dengan buah kesemek. Black Sapote punya rasa sedikit pedas manis namun sangat mendekati rasa puding cokelat pada umumnya.
Saat matang, Black Sapote berdiameter 5 sampai 10 sentimeter. Buah ini yang memiliki biji di dalamnya itu juga dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah. Namun, tak sedikit orang yang memakan buah ini dengan menggunakan sendok layaknya menggeruk buah alpukat.
Tahukah Anda? Black Sapote ini memiliki rendah lemak dan kaya akan vitamin C. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang mengkonsumsi Black Sapote sebagai pengganti cokelat batangan yang lebih sehat saat membuat berbagai dessert lezat mulai dari puding, kue, mousse, hingga pie.
Black Sapote berasal dari Meksiko timur, Columbia dan Amerika Tengah. Namun, Anda bisa menjumpai buah ini di beberapa negara lainnya seperti Australia, Filipina dan Florida. Buah ini sudah masuk ke Indonesia sejak sepuluh tahun silam. Di Tanah Air, buah ini kerap dinamai sawo hitam. Akibat banyak orang yang belum mengetahuinya kehadiran Black Sapote, tanaman buah ini pun digolongkan sebagai tanaman langka. Sepertinya, buah cokelat ini sangat menggoda lidah

No comments:

Post a Comment