Wednesday, November 25, 2015

CEREME MANIS

Tahu cereme manis? Bukan manisan cereme lho! Cereme manis adalah salah satu varietas buah cereme yang rasanya relatif manis. Cereme yang biasa kita temukan sehari-hari rasanya yang sangat asam, sehingga harus dioleh menjadi manisan agar enak dimakan. Sedangkan cereme manis rasanya tidak se-asam cereme biasa sehingga bisa dikonsumsi segar tanpa perlu pengolahan lebih dahulu.Phyllantus acidus ini diperkirakan berasal dari Madagaskar, kemudian menyebar ke berbagai tempat beriklim tropis lain di seluruh dunia. Di Malaysia cereme dipanggil dengan nama chermai, di Filipina Karmay, dan di Thailand dipanggil Mayom.Banyak sebutan untuk buah cereme ini, seperti cermeceremaicreme, atau ciremai. Dalam bahasa Inggris buah ini disebut Malay Gooseberry.


Buah yang mempunyai nama ilmiah
Sosok pohon cereme manis ini sama dengan pohon cereme pada umumnya. Bentuk dan ukuran buah juga relatif sama. Jika ada perbedaan yang tampak adalah pada ukuran daun. Daun cereme manis sedikit lebih besar dibanding cereme biasa. Buah yang telah matang pohon berasa sidikit manis dan ada rasa sepat.
Bila cereme biasa hampir tidak mungkin dimakan tanpa tambahan gula atau pengolahan (misalnya dibuat manisan cereme) karena saking kecutnya, cereme manis ini cukup enak dan segar dimakan mentah tanpa tambahan apapun. Karena memang kadar keasamannya tidak setinggi cereme biasa. Buah matang akan terasa lebih manis bila dimakan 2 – 3 hari setelah petik.

1 comment:

  1. Mo tanya berapa Harga bibit cerme manis. Berapa tahun umurnya, berapa tingginya, Berapa Harganya? Makacih.

    ReplyDelete